Rasul Nikahi Khadijah dengan Mahar 20 Unta
18 Oktober 2014
L
Khadijah r.a, adalah seorang wanita janda,bangsawan, hartawan, cantik dan budiman. Ia disegani oleh masyarakat Quraisy khususnya, dan bangsa Arab pada umumnya. Sebagai seorang pengusaha, ia banyak memberikan bantuan dan modal kepada pedagang-pedagang atau melantik orang-orang untuk mewakili urusan-urusan perniagaannya ke luar negeri.Banyak pemuka Quraisy yang ingin menikahinya dan sanggup membayar mas kawin berapa pun yang dikehendakinya, namun selalu ditolaknya dengan halus kerana tak ada yang berkenan di hatinya.
Pada suatu malam ia bermimpi melihat matahari turun dari langit,masuk ke dalam rumahnya serta memancarkan sinarnya ke semua tempat sehingga tiada sebuah rumah di kota Makkah yang luput dari sinarnya. Mimpi itu diceritakan kepada anak bapak saudaranya yang bernama Waraqah bin Naufal. Dia seorang lelaki yang berumur lanjut, ahli dalam mentakbirkan mimpi dan ahli tentang sejarah bangsa-bangsa purba. Waraqah juga mempunyai pengetahuan luas dalam agama yang dibawa oleh Nabi-Nabi terdahulu.
Waraqah berkata: “Takwil dari mimpimu itu ialah bahwa engkau akan menikah kelak dengan seorang Nabi akhir zaman.”
“Nabi itu berasal dari negeri mana?” tanya Khadijah bersungguh-sungguh.”Dari kota Makkah ini!” ujar Waraqah singkat.
“Dari suku mana?”
“Dari suku Quraisy juga.”
Khadijah bertanya lebih jauh: “Dari keluarga mana?”
“Dari keluarga Bani Hasyim, keluarga terhormat,” kata Waraqah dengan nada menghibur.
Khadijah terdiam sejenak, kemudian tanpa sabar meneruskan pertanyaan terakhir: “Siapakah nama bakal orang agung itu, hai anak bapa saudaraku?”
Orang tua itu mempertegas: “Namanya Muhammad SAW. Dialah bakal suamimu!”
Khadijah pulang ke rumahnya dengan perasaan yang luar biasa gembiranya. Belum pernah ia merasakan kegembiraan sedemikian hebat. Maka sejak itulah Khadijah sentiasa bersikap menunggu dari manakah gerangan kelak munculnya sang pemimpin itu.
Dan pada hari yang sudah ditentukan, Rasul menikahi Khadijah dengan mahar 20 ekor unta.
Lima tahun berselang dari Hilf al Fudhul, tepatnya ketika Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam berusia 25 tahun, beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menikahi Khadijah bintu Khuwailid Radhiyallahu anha, seorang janda terhormat, mulia dan kaya raya.
Khadijah Radhiyallahu anha sebelum menikah dengan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menikah dengan dua orang. Pertama dengan ‘Atiq bin A’idz al Makhzumi dan melahirkan seorang puteri. Setelah itu, ia menikah dengan Abu Haalah Hindun bin an Nabaasy at Tamimi. Dari pernikahan yang kedua ini melahirkan seorang anak lelaki bernama Hindun dan seorang anak perempuan. Abu Haalah meninggal di masa Jahiliyah [1].
Namun Ibnu Sa’ad dalam kitab Thabaqaat menjelaskan, orang pertama yang menikahi Khadijah adalah Abu Haalah, yang bernama Hindun bin an Nabaasy bin Zurarah, lalu melahirkan seorang putra bernama Hindun, kemudian dinikahi oleh ‘Atiq bin ‘Abid bin ‘Abdulah al Makhzumi dan melahirkan seorang puteri bernama Hindun. Hindun ini, menikah dengan Shaifi bin Umaiyyah bin ‘Abdi bin Abdullah.[2]
Pernikahan beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan Khadijah Radhiyallahu anha merupakan perkara yang pasti dan disepakati kaum Muslimin dengan dasar pernyataan ‘Aisyah Radhiyallahu anhuma :
لَمْ يَتَزَوَّجْ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى خَدِيجَةَ حَتَّى مَاتَتْ
Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak menikahi wanita lain atas Khadijah sampai Khadijah wafat.[HR Muslim].
Imam Ibnu Hajar rahimahullah menyatakan, ini termasuk yang disepakati para ulama sejarah. Demikian juga pujian dan keutamaan Khadijah yang banyak disampaikan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai bukti kongkret jika Khadijah merupakan salah satu istri beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam . Bahkan sebagai istri yang pertama beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Diriwayatkan, Khadijah adalah seorang wanita terhormat, banyak tokoh kaumnya yang ingin menikahinya. Ia banyak melakukan investasi dalam perdagangan dengan cara mudharabah. Hal inilah yang menjadi awal perkenalan Khadijah dengan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam . Namun, riwayat-riwayat yang menjelaskan secara detail perkenalan dan usaha beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengelola dagangan Khadijah hingga pernikahannya, seluruhnya merupakan riwayat yang lemah walaupun sangat terkenal.
Dr. Akrom Dhiya’ al Umari menyatakan, riwayat-riwayat yang lemah –bahkan kebanyakan sangat lemah- menjelaskan secara detail berkenaan pernikahan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan Mmmul Mu’minin Khadijah bintu Khuwailid. Riwayat-riwayat ini menjelaskan awal perkenalan keduanya melalui kerja Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengelola perdagangan Khadijah. Dia adalah orang kaya yang menginvestasikan hartanya.[3]
Menurut Dr. Akrom Dhiya’ al Umari, walaupun maklumat-maklumat ini tidak shahih secara kaidah hadits, namun sangat terkenal di kalangan ahli sejarah.[4]
Riwayat-riwayat yang lemah tersebut menjelaskan awal perkenalan keduanya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bekerja mengelola perdagangan Khadijah. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam membawa dagangan Khadijah dua kali ke kota Jursy -dekat kota Khomis Masyith- Yaman. Pernah juga ke Hubaasyah pasar Negeri Tuhamah dan Negeri Syam. Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam berangkat bersama budak laki-laki Khadijah yang bernama Maisarah.
Selama berinteraksi inilah, Maisarah melihat ketinggian dan kemuliaan akhlak Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam . Sehingga ia menceritakan apa yang dilihatnya tersebut kepada Khadijah. Mendengar cerita Maisarah ini, serta merta Khadijah dibuat kagum oleh perilaku mulai Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam . Lalu dia menyampaikan keinginannya untuk menjadikan beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai suaminya.
Mendengar keinginan Khadijah, maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bermusyawarah dengan para pamannya dan mereka pun menyetujuinya. Kemudian beliau berangkat bersama Hamzah bin Abdil Muthalib untuk meminang Khadijah kepada orang tuanya. Dan beliau menikahi Khadijah dengan mahar 20 ekor anak onta.[5]
Diriwayatkan juga dalam riwayat yang lemah, bahwa yang diminta Khadijah untuk menyampaikan kesediaan beliau dipersunting Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah teman dekatnya yang bernama Nafiisah bintu Maniyah, dan Rasulullah n menyetujuinya.
Para ulama berselisih pendapat yang menjadi wali dalam pernikahan tersebut. Ibnu Ishaaq menyatakan, yang menikahkan adalah Khuwalid bin Asad, bapak Khadijah. Sedangkan ulama lainnya menyatakan, menjadi walinya adalah pamannya yang bernama ‘Amru bin Asad. Ada juga yang menyatakan, walinya adalah saudaranya yang bernama ‘Amru bin Khuwailid. Yang rajih, insya Allah, adalah bapaknya sendiri yang menikahkannya.[6]
Demikian juga terdapat perbedaan pendapat tentang usia Khadijah ketika menikah dengan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam . Al Waaqidi [7] menyatakan, umurnya kala itu 40 tahun dan inilah yang terkenal secara umum. Namun Ibnu Ishaaq [8] menyatakan, usianya kala itu 28 tahun.
Memang tidak terdapat satu riwayat pun yang shahih tentang usia Khadijah ketika menikah dengan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam . Namun melihat anak-anak Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang dilahirkan Khadijah, yaitu berjumlah 6 orang, semuanya dilahirkan sebelum kenabian, kecuali ‘Abdullah. Tampaknya, pendapat Ibnu Ishaaq lebih kuat dari al Waaqidi, karena umumnya wanita pada usia di atas 40 tahun sudah mulai mendekati masa-masa menapouse (berhenti haidhnya). Dan Ibnu Ishaaq lebih kredibel dari Al Waqidi.
Begitu pula penulis kitab as Sirah ash Shahihah, tampaknya merajihkan pendapat Ibnu Ishaaq ini, walaupun yang mashur adalah pendapat al Waaqidi. Wallahu a’lam.
Beliau menikah dan tinggal menetap di rumah Khadijah dan memperoleh anugerah enam orang anak, lima anak lahir sebelum kenabian dan satu setelah kenabian. Mereka adalah al Qaasim (meninggal masih kecil), Zainab, Ruqayyah, Ummu Kultsum, Fathimah, ‘Abdullah yang lahir setelah kenabian dan dipanggil juga dengan panggilan ath Thahir atau ath Thayyib.
Seluruh anak laki-laki Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam meninggal dunia ketika masih kecil, sedangkan puteri-puterinya berumur panjang mendapati kenabian dan masuk Islam, serta berhijrah bersama beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam ke kota Madinah.
Demikianlah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Khadijah membina keluarganya di rumah tersebut, sampai Khadijah meninggal di sana. Sepeninggal sang istri, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam masih tetap menghuni rumah tersebut sampai berhijrah ke kota Madinah.
Dari kisah di atas kita dapat mengambil beberapa faidah.
1. Keinginan Khadijah seorang wanita terhormat dan mulia memilih Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai suaminya, menunjukkan ketinggian dan kemulian akhlak beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam .
2. Bukan satu kesalahan dan bukan hal yang memalukan, jika seorang wanita shalihah menampakkan keinginan menikah dengan seorang laki-laki yang shalih
3. Khadijah memiliki keutamaan dan kedudukan terhormat di tengah kaumnya dan dalam hati Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam , sehingga dia menjadi istri tercinta Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.[9]
4. Pertemuan wanita terhormat yang menjaga harga diri dan martabatnya, dengan seorang yang terpercaya, berakhlak mulia dan pernikahan yang melahirkan anak-anak ini merupakan kemulian yang Allah anugerahkan kepada NabiNya agar memiliki kedudukan sosial dan nama baik di masyarakatnya.[10]
5. Pernikahan antara Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Khadijah ini merupakan taqdir Allah dan pilihan Allah, agar dapat menjadi pendamping beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam , meringankan beban dan membantunya mengemban tugas berat dan mulia, yaitu menyampaikan ajaran ilahi kepada sekalian manusia. Ternyata, Khadijah benar-benar telah mengeluarkan hartanya seluruhnya dan menjadi orang pertama yang beriman kepada kerasulan beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam dikala orang-orang mengingkarinya. Khadijah membenarkan apa yang beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam sampaikan dikala orang-orang mendustakannya. Sehingga beliau menjadi penghuni Surga, memiliki banyak keutamaan dan kedudukan yang tinggi.[11]
6. Kisah pernikahan ini menunjukkan, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak terlalu memperhatikan kenikmatan jasad saja. Seandainya beliau memperhatikan hal ini, tentunya akan memilih istri yang perawan dan lebih muda. Ini menunjukkan beliau menikahi Khadijah lantaran kehormatan dan keluhuran wanita yang dijuluki dengan al ‘Afifah ath Thahirah (Wanita terhormat dan suci).[12]
Demikian mudah-mudahan bermanfaat.
[Disalin dari majalah As-Sunnah Edisi 02/Tahun X/1427H/2006M. Penerbit Yayasan Lajnah Istiqomah Surakarta, Jl. Solo-Purwodadi Km.8 Selokaton Gondangrejo Solo 57183 Telp. 0271-858197 Fax 0271-858196]
_______
Footnote
[1]. Hal ini disampaikan Ibnu Hajar dalam Fathul Bari (14/287).
[2]. As Sirah an Nabawiyah fi al Mashodir al Ashliyah, hlm. 134.
[3]. As Sirah ash Shahihah, Dr. Akrom Dhiya’ al Umari (1/112).
[4]. Ibid (1/113).
[5]. Diringkas dari riwayat-riwayat yang lemah seputar kisah pernikahan beliau n dari beberapa referensi.
[6]. Sebagaimana dirajihkan al Hafizh Ibnu Hajar, Dr Akrom Dhiya’ al Umari, Dr. Mahdi Rizqullah dan lain-lainnya.
[7]. Para ulama menghukuminya dengan perkataan: Matruk (perawi yang lemah sekali).
[8]. Seorang shaduq dan perawi hadits hasan.
[9]. Lihat as Sirah an Nabawiyah fi al Mashodir al Ashliyah, hlm. 137.
[10]. Ibid.
[11]. Lihat as Sirah an Nabawiyah, Muhammad Abu Faaris, hlm. 123.
[12]. Lihat as Sirah an Nabawiyah fi al Mashodir al Ashliyah, hlm. 137.
1839. MAHAR RASULULLAH SAW UNTUK SITI KHADIJAH
assalaamualaikum,..
Berapa atau apaa mahar rosul kpda siti khodijah yaa . . .n refrens y ? ? .
JAWABAN :
>> Ubaid Bin Aziz Hasanan
waalaikum salam >>>
Seperti halnya kita maklumi bahwasanya Nabi Muhammad saw, menikah dengan Siti Khodijah berusia 25 tahun dengan demikian Nabi besar Muhammad saw belum diangkat menjadi Rasul secara resmi.
Dengan cara syariat apa beliau
menikah dengan Siti Khodijah?
Betulkah beliau menikah dengan Siti Khodijah dengan mas kawin 100 ekor unta?
Jawaban:
Nabi Muhammad saw menikah dengan Siti Khodijah tidak memakai syariat agama dari Nabi–Nabi sebelumnya, karena beliau tidak melakukan ibadah dengan syariat Nabi sebelumnya.
Dasar pengambilan:
Kitab Al fatawi Al haditsah dari Ibnu Hajar Al Haitami halaman 111:
وَقَوْلُ السَائِلِ: هَلْ كَانَ نَبِِِيُّنَا مُحَمَّدٌ صَلَّي الله عَلَيهِ وَسَلَّمَ مُتَبَعِّدًا الخ ؟. جَوَابُهُ: أَنَّ أَلْعُلَمَاءَ أِخْتِلَفُوْا هَلْ كَانَ صلي الله عليه وَسلَّمَ قَبْلَ بِعْثَتِهِ مُتَبَعِّدًا بِِشَرْعِ مَنْ قَبْلَهُا اَوْلاَ ؟. فَقَالَ اَلْجُمْهُوْرُ: لَمْ يَكُنْ مُتَبَعِّدًا بِشَيْء وَا حْتَجُّوْا بِأَنَّ ذَلِكَ لَوْوَقَعَ لَنُقِلَ لِمَاأَمْكَنَ كِتْمُهُ وَلاَ سِتْرُهُ فيِ أَلْعَادَةِ وَلاَ فْتَخَرَاَهْلُ تِلْكَ الِشَرِيعَةِ صَلَّي الله ُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ عَلَيهِ وَاحْتَجُّوْابِهِ عَلَيهِ. فَلَمَّا لَمْ يَقَعْ شَيْءٌمِنْ ذَلِكَ عَلِمْنَاأَنَّهُ لَمْ يَكُنْ مُتَبَعِّدًابِشَرْعِ نَبِيِّ قَبْلَهُ.
Dan ucapan penanya, “Apakah Nabi kita Muhammad saw. beribadah … dst.” Jawabnya adalah bahwa sesungguhnya para ulama telah berbeda pendapat, apakah Nabi Muhammad saw. sebelum diutus beribadah dengan syariat Nabi sebelumnya atau tidak? Jumhur ulama berkata, “Tidaklah Nabi Muhammad beribadah dengan sesuatupun.” Mereka mengambil dalil, bahwa hal tersebut jika telah terjadi, niscaya telah dikutip, karena tidak mungkin menyembunyikan dan menutupinya dalam adat kebiasan. Dan niscaya pemilik syariat tersebut akan membanggakan diri dengan ibadah yang telah dilakukan oleh Nabi Muhammad dan berhujjah dengannya. Maka tatkala sedikitpun dari hal tersebut tidak terjadi, maka kita ketahui bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad saw, tidak beribadah dengan syariat seorang Nabi sebelum beliau.
Menurut hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim diceritakan bahwa mahar yang diberikan Nabi Muhammad saw adalah berupa uang sebanyak 500 dirham.
Dasar pengambilan:
Sahih Muslim Juz 1 halaman 597:
حَدَّثَنَا عَبْدُ العَزِيْزِ عَنْ يَزِيْدٍ عَنْ مُحَمَّدٍ عَنْ إِبْرَاهِيْمَ عَنْ أبِى سَلْمَةَ عَنْ عَبْدِ الرَحْمَنِ أَنَّهُ قَالَ سَأَلْتُ عَائِشَةَ زَوْجض النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَمْ كَانَ صِدَاقُ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, قَالَتْ: كَانَ صِدَاقُهُ لأَزْوَاجِهِ ثِنْتَى عَشْرَةَ أوْقِيَةً وَنَشًّاز قَالَ: قَالَتْ: أتَدْرِى مَا النَّشُّ ؟. قَالَ: قُلْتُ: لاَ! قَالَتْ: نِصْفُ أوْقِيَةٍ ؛ فَتِلْكَ خَمْسُمِائَةِ دِرْهَمٍ. فَهَذَا صِدَاقُ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لأَزْوَاجِهِ.
Telah menceritakan hadist pada kami Abdul Aziz dari Yazid dari Muhammad dari Ibrahim dari Abi Salamah dari Abdur Rahman bahwa sesungguhnya dia berkata: saya telah bertanya kepada Aisyah isteri Rasulullah saw., berapa jumlah mas kawin Rasulullah saw.? Aisyah berkata: mas kawin Rasulullah saw kepada para isteri beliau adalah 12 auqiyah dan satu nasy. Aisyah berkata: Tahukah engkau apakah nash itu? Abdur Rahman berkata: Aku berkata: Tidak! Aisyah berkata: Setengah auqiyah. Jadi semuanya 500 dirham. Inilah mas kawin Rasulullah saw kepada para isteri beliau.
>> Abdullah Afif
Berapa atau apa mahar rosul kpda siti khodijah yaa . . .n refrens y ? ? .
______
ولا يرد أيضا أنه صلى الله عليه وسلم أصدق خديجة عشرين بكرة وقيل خمسمائة درهم
WA LAA YARUDDU AIDHAN ANNAHUU SHALLALLAAHU ‘ALAIHI WASALLAM ASHDAQA KHADIIJAH ‘ISYRIINA BIKRATAN WA QIILA KHAMSA MI`ATI DIRHAMIN
"...Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam memberi mahar kepada Khadijah dengan 20 onta muda, ada yang mengatakan 500 dirham"
Referensi dari kitab Hasyiyah Syarqawi juz II halaman 265
>> Masaji Antoro
حديث مرفوع) حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ يَعْقُوبَ ، حَدَّثَنَا حَجَّاجُ بْنُ الْمِنْهَالِ ، حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ ، عَنْ عَمَّارِ بْنِ أَبِي عَمَّارٍ ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ ، فِيمَا يَحْسَبُ حَمَّادٌ ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ” ذَكَرَ لِخَدِيجَةَ فَصَنَعَتْ طَعَامًا وَشَرَابًا فَدَعَتْ أَبَاهَا وَنَفَرًا مِنْ قُرَيْشٍ فَطَعِمُوا وَشَرِبُوا فَقَالَتْ خَدِيجَةُ لأَبِيهَا : إِنَّ مُحَمَّدَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ يَخْطُبُنِي فَزَوَّجَهَا إِيَّاهُ فَخَلَّقَتْهُ وَأَلْبَسَتْهُ حُلَّةً وَكَذَلِكَ كَانُوا يَصْنَعُونَ إِذَا زَوَّجُوا نِسَاءَهُمْ وَبَلَغَنِي أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَزَوَّجَ خَدِيجَةَ عَلَى اثْنَتَيْ عَشْرَةَ أُوقِيَّةَ ذَهَبٍ وَهِيَ يَوْمَئِذٍ ابْنَةُ ثَمَانٍ وَعِشْرِينَ سَنَةً ” .
http://www.islamweb.net/hadith/display_hbook.php?bk_no=340&hid=12&pid=70274
قال أبو سلمة رضي الله تعالى عنه : سألت عائشة عليه السلام كم كان صداق رسول الله قالت : كان صداقه لأزواجه اثنتي عشرة أوقية ونشا ، قالت : أتدري ما النش ؟ قلت : لا . قالت : نصف أوقية ، فتلك خمسمائة درهم .
__________
حديث : أبي سلمة قال : ” سألت عائشة عن صداق رسول الله صلى الله عليه وسلم . . ” . أخرجه مسلم ( 2 / 1042 ) .
Al-Mausuu’ah al-Fiqhiyyah 38/312
بِسْمِ اللّهِ
الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
الْحَمْدُ لِلَّهِ نَسْتَعِينُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ
وَنَعُوذُ بِهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا مَنْ يَهْدِ اللَّهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ
وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ
وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ
solawat
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا { اتَّقُوا اللَّهَ
الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ
رَقِيبًا }
v
أصدق خديجة عشرين بكرة
وقيل خمسمائة درهم
Rasulullah saw
menikahi khodijah dengan mahar 20 ekor unta dan 500 dirham
v
زَوَّجَ أُمَّ حَبِيبَةَ
بِنْتَ أَبِي سُفْيَانَ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
عَلَى صَدَاقِ أَرْبَعَةِ آلَافِ
Nabi saw menikahi
ummu habibah dengan mahar 400 dirham (4.000.00 UAE Dirham = 13.218.024,19 Rupiah)
v Do’a Rasul terhadap Anas Bin Malik
“Ya Allah perbanyaklah harta dan
anaknya, panjangkanlah umurnya dan ampunilah dosanya”
1. Aminah
anak pr Anas ra mgabarkan, anak anas mati sebagai syuhada mencapai
120 anak, selain cucunya, itu pada saat Hajjaj berkuasa di Basrah. (hafidz
quran) (wasiat Pendidikan anak dlm kandungan)
2.
Anas Bin Malik berkata, “Demi Allah hartaku
sangat melimpah, sampai kurma dan anggurku berbuah dua kali dalam setahunumlah
anak-anak dan cucuku – cucuku mencapai
seratus.”
3.
dalam riwayat lain seratus enam
v
بَارَكَ اللَّهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي
الْخَيْرِ
رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا
“Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyejuk hati, dan jadikanlah kami sebagai pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al-Furqan:74)
رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا
“Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyejuk hati, dan jadikanlah kami sebagai pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al-Furqan:74)