Rabu, 24 Januari 2018

TEKNOLOGI OFF SEASON

Mangga Indramayu

SEP

29


Adalah teknologi off season, istilih bule-bule luar negri untuk menyebut cara membuahkan pohon diluar musimnya, rahasia teknologi ini hanya sedikit orang yang tau, buktinya masih jarang buah-buahan tertentu dapat kita temui di luar musimnya, hanya sedikit petani buah yang mengerti betul teknologi off seasonini, alih-alih membuahkan pohon dengan lebat, malah membuat pohon merana bahkan mati.

Tujuan teknologi off season ini ada dua, pertama motif ekonomi, yaitu membuahkan tanaman pada saat dimana suplai menurun, sehingga dapat mendongkrak harga lebih tinggi dan yang kedua lebih idealis, yaitu memenuhi gizi masyarakat dengan harga terjangkau sepanjang tahun. Tanaman buah-buahan yang sudah teruji berhasi diterapkan teknologi ini adalah; buah jambu air, durian, lengkeng, mangga, apel dan jeruk.

Ada fenomena menarik yang berhubungan dengan Penjaminan Mutu Pangan (food safeti), dan terjadi juga dalam bisnis buah mangga diIndramayu, pada saat bukan musim mangga, kualitas mangga grade C dengan harga mahal tetap habis di serbu pembeli, sedang jika memasuki musim panen raya, harga mangga grade A dijual dengan harga miring, bahkan tidak habis diserap pasar. Harapannya, dengan penerapan teknologi off season, ketersediaan buah-buahan akan merata sepanjang tahun, dan konsumen tetap dapat menikmati buah bermutu dengan harga wajar.

Bagi orang yang faham tentang teknologi ini, merupakan peluang bisnis yang sangat menarik, tetapi kadang kala untuk mengeruk penghasilan sebesar-besarnya, teknologi ini diterapkan dengan tidak bijak, diIndramayu sini, ada beberapa lokasi yang menerapkan teknologi ini, dan berhasil, tetapi sering kali para pengijon/sikancil, mengotrak kebun mangga milik petani atau isitah lokalnya menebas, jauh hari sebelumnya, bahkan sebelum musing kemiding (istilah lokal untuk menyebut musim berbunga pohon mangga) dengan harga lebih mahal dari harga pasaran, awalnya petani senang karena mendapatkan keuntungan dengan menebaskan lahan mangganya. Kemudian para pengijon menerapkan sebagian dari teknologi off season ini dengan perlakuan penyemprotan Zat Pengatur Tumbuh ZTP jenis pak­lo­butrazol dengan dosis diatas seharusnya, kurang lebih 3 bulan setelah perlakuan semprot bunga mangga akan bermunculan, 3-4 bulan kemudian buah mangga siap di unduh dengan kualitas dan kuantitas diatas rata-ratamangga berbuah di luar musimnya, pengijon untung besar, dan petani beranggapan pengijon sedang ketemu milik atau tibo bejo, petani baru sadar ketika sehabis panen, pohon mangganya tidak juga tumbuh pupus baru karena aplikasi ZPT yang berlebihan serta penerapan teknologi ini tidak diimbangi dengan pemberian nutrisi yang cukup bagi tanaman, yang terjadi kemudian adalah, daya tahan tanaman menurun, ranting menjadi getas dan kemudian dengan mudah di serang hama dan penyakit, tidak jarang panen tadi adalah panen terakhir di kebun milik petani.

Teknologi off  season, adalah rekayasa siklus tumbuh tanaman untuk menghasilkan buah di luar musim dengan menggunakan Agro-Chemicaldengan menggunakan Zat Pengatur Tumbuh ZPT. Pada prinsipnya, Agro-Cemical ini merubah fisiologis tanaman dengan cara merubah pertumbuhan fase vegetatip tanaman menjadi fase generatif tanaman dengan peran hormon dan senyawa kimia tertentu.

Adapun tahapannya adalah;
Pertama; melakukan pemangkasan cabang-cabang tidak produktif, cabang yang tumbuh mengarah kedalam atau kebawah dari tajuk tanaman, dan memangkas tunas-tunas air, yaitu tunas muda yang dalam waktu 2 tahun belum bisa menghasilkan buah, kecuali memang tunas tersebut sengja di pelihara untuk keperluan menyempurnakan tajuk tanaman.

Kedua; menyehatkan tanaman 1-2 bulan sebelum di perlakukan dengan senyawa kimia, dengan cara memberikan pupuk berimbang, NPK 1-2 kg per tanaman dan pemberian pupuk kandang 25 kg per tanaman, menyiramkan MOL di sekitar perakaran tanaman. Yang di maksud MOL adalah mikro organisme lokal + pupuk pelengkap cair  yang gunanya untuk mempercepat proses penguraian bahan-bahan organik di sekitar perakaran tanaman, sehingga dapat diserap oleh akar tanaman. Dan perawatan tanaman dari gulma, hama dan penyakit.

Ketiga; menyiramkan senyawa kimia paklobutrazol keperakaran tanaman, sekaligus menyemprotkannya keseluruh bagian tanaman, dengan dosis untuk siram 10 ml paklobutrazol dicampur dengan 2 l air, dan untuk semprot 10 ml paklobutrazol dicampur dengan 20 l air, penyemprotan dilakukan terutama dibagian bawah daun dimana banyak terdapat stomata, untuk mengefektifkan penyerapan oleh tanaman dan menghindari tanaman dari stres, penyemprotan sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari, ketika stomata tanaman membuka .

Keempat; menyemprotkan KNO3 keseluruh bagian tanaman sebulan setelah perlakuan paklobutrazol, KNO3 berfungsi untuk memecah dormansi, atau masa tidur pada tanaman mangga. Secara alami, pohon mangga memiliki masa tidur atau disebut masa dorman, dimana tanaman mangga tidak memunculkan daun muda untuk beberapa lama. Selain itu tetap melakukan perawatan tanaman dari gulma, hama dan penyakit. 

aktifitas pedagang mangga Indramayu

Syarat saat aplikasi. Selama penerapan teknologi ini, syarat tumbuh tanaman harus dipenuhi sedikit lebih banyak dari kondisi normalnya, pemberian pupuk berimbang, pengendalian hama dan penyakit harus dilakukan serta perawatan tanaman dari gulma, hama dan penyakit. Pasca aplikasi tanaman harus terpenuhi air, pemupukan yang tepat baik waktu, komposisi dan dosinya.

Air diperlukan untuk transportasi hara dari akar hingga proses potosintetis yang berlangsung lebih cepat dengan kualitas dan kuantitas lebih banyak dari biasanya. Hasil potosintesis berupa pati dan sukrosa dibutuhkan dalam jumlah besar dalam tahap pengisian buah yang muncul lebih banyak dari biasanya akibat perlakuan paklobutrazol, sehingga pupuk dengan komposisi rendah hara nitrogen dan tinggi hara kalium serta pospat mutlak dibutuhkan dalam jumlah besar dalam fase pengisian buah.

Diposting 29th September 2012 oleh rais doang

  

Lihat komentar

hormon tumbuhan4 November 2015 00.19

PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

menyediakan paclobutrazol 100ml untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www.tokopedia.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

Balas

Memuat