Kamis, 30 Agustus 2018

MEMBUAT PUPUK KOMPOS



CARA MEMBUAT PUPUK KOMPOS SEBAGAI PUPUK ALAMI PENYUBUR TANAH

Cara membuat pupuk KOmpos sebagai pupuk Alami penyubur tanah merupakan topik bahasan pada tulisan admin kali ini. Hal ini admin maksudkan agar lebih banyak petani mau kembali pada konsep alami, apalagi pada masa sekarang ini penggunaan pupuk kimia buatan pabrikan sudah sangat mengkwatirkan untuk kesuburan lahan pertanian kita, tanah menjadi kecanduan untuk terus menerus memakai pupuk kimia dalam jumlah yang terus meningkat, padahal hal ini kalau terus menerus dalam waktu yang lama akan merusak kondisi tanah itu sendiri, sangat memprihatinkan dan menjadi dilema dan tentu hal ini akan berimbas pada petani itu sendiri yang tentunya akan menurunkan hasil panen petani kita. Namun demikian masih banyak petani kita belum menyadari akan dampak negatif dari pemakaian pupuk kimia itu dalam jangka panjangnya.
Cara membuat pupuk KOmpos sebagai pupuk Alami penyubur tanah Secara alami , sanagatlah bersahabat dengan lingkungan alam sekitar kita sebab pada dasarnya  selain memanfaatkan limbah pertanian yang ada disekitar kita dan tentunya sangat mudah mendapatkannya.

Pada dasarnya pupuk terbagi dua :
Pupuk Kimia buatan pabrik biasa di sebut pupuk AnorganikPupuk Alami biasa disebut pupuk OrganikContoh pupuk kimia/anorganik diantaranya pupuk Urea, pupuk TSP, pupuk ZA, dan KCL . Sedangkan  untuk Pupuk Alami diantaranya pupuk kompos, pupuk kandang dan pupuk hijau, pupuk an kandang di buat dari kotoran binatang, pupuk hijau di buat dari dedaunan, rumput-rumputan. Adapun pupuk kompos dibuat dari sisa-sisa tumbuh-tumbuhan dan kotoran hewan yang dibusukkan.

Dibandingkan denagn ketiga jenis pupuk alami lainnya, pupuk kompos mempunyai keunggulan tersendiri, diantaranya dapat memperbaiki struktur tanah. Artinya pupuk kompos dapat membuat tanah yang rusak akibat salah pengolahan menjadi subur kembali. Selain  itu pupuk kompos mudah dibuat dan biaya pembuatannya sangatlah murah. Cukup dengan memanfaatkan sampah, kotoran binatang dan limbah pakan binatang ternak.. Sampah rumah tangga, kotoran hewan piaraan, dan limbah pertanian seperti jerami padi dan rumput adalah bahan baku yang baik untuk pembuatan  pupuk kompos.

Kitapun dapat membuat pupuk kompos sendiri. Caranya sangat mudah sekali. 
Cara membuat pupuk KOmpos sebagai pupuk Alami penyubur tanah: 

Caranya pertama buatlah lubang  ukuran 1 x 1 meter dengan kedalaman 1 meter. Selanjutnya masukkan samapah-sampah seperti dedaunan, ranting, jerami dan sisa-sisa tumbuhan kedalam lubang yang telah dibuat. Kemudian taburkan kotoran hewan diatasnya.Setelah itu tutup rapat dengan tanah.Setelah satu bulan bukalah, kemudian balik -balik dan aduk-aduk sehingga sampah, limbah dan kotoran hewan tercampur. Setelah itu tutup kembali dengan tanah. Setelah satu bulan kemudian buka lagi dan lakukan pembalikkan dan pengadukan lagi.Tutup dengan tanah, buka kembali, balil-balik dan aduk-aduk sampai semua bahan membusuk tercampur menjadi satu. Lakukan hal tersebut berulang - ulang. Proses tersebut pada umumnya berlangsung selama lima kali pembalikan dan pengadukan. Jika pembusukan telah benar-benar sempurna, berarti bahan-bahan tersebut sudah jadi kompos basah. Selanjutnya angkat kompos basah lalu keringkan ditempat penjemuran. Kemudian aduk-aduk kembali agar tercampur merata. Jika sudah kering kompos tersebut berarti  telah siap untuk digunakan untuk memupuk tanaman. 
Sampai disini dulu tips Cara membuat pupuk KOmpos sebagai pupuk Alami penyubur tanah, dan mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua. Semoga lahan pertanian kita menjadi subur kembali hingga hasil panen kita terus meningkat dan dapat meningkatkan penghasilan para petani.. Amin....  

Sumber: Infirasi kehidupan

yus wanto di 00.13

Berbagi

 

Beranda

Lihat versi web

Mengenai Saya

yus wanto 

Lihat profil lengkapku

Diberdayakan oleh Blogger.