Senin, 11 Februari 2019

5 Cara Cepat Meredakan Batuk yang Mengganggu



5 Cara Cepat Meredakan Batuk yang Mengganggu

Oleh Aprinda Puji  Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum .

Batuk adalah respons alami tubuh untuk menyingkirkan berbagai zat yang membuat iritasi saluran pernapasan. Namun, tidak semua batuk itu sama.

Ada batuk berdahak yaitu batuk yang disertai keluarnya lendir, dan juga batuk kering. Kedua kondisi ini membuat Anda cukup terganggu, terutama di malam hari sehingga Anda tidak bisa tidur dengan nyaman. Jadi, adakah cara untuk meredakan batuk yang sangat mengganggu ini?

Berbagai cara untuk meredakan batuk yang mengganggu

Batuk yang terus muncul, bisa membuat tubuh Anda jadi lemah. Pasalnya, batuk membuat otot di sekitar dada terasa nyeri dan tenggorokan Anda sakit.

Bukan hanya saat pilek atau flu, batuk juga bisa terjadi karena Anda berada di tempat dengan udara yang kering atau memiliki kebiasaan merokok. Batuk juga menjadi salah satu gejala pada orang dengan masalah kesehatan, seperti asma, alergi, atau refluks asam lambung.

Bila Anda memiliki kondisi ini, Anda tidak perlu khawatir. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meringankan batuk, seperti:

1. Minum banyak air putih

Saat pilek atau flu, virus membuat produksi lendir jadi lebih banyak. Ekstra lendir tersebut bisa mengalir dari hidung ke bagian belakang tenggorokan dan membuat Anda batuk.

Untuk meringankan batuk ini, memperbanyakminum air putih adalah cara paling mudah yang bisa Anda lakukan. Akan lebih baik jika Anda memilih air yang hangat. Air putih bisa membantu lendir yang mengental jadi lebih cair sehingga saluran udara jadi lebih bersih. Batuk akan berkurang dan Anda jadi bisa bernapas dengan lega.

2. Teguk minuman yang melegakan tenggorokan

Selain air putih, Anda bisa menikmati minuman hangat lainnya untuk meringankan tenggorokan yang sakit akibat terus batuk. Anda bisa minum secangkir teh madu hangat dengan irisan lemon untuk melegakan hidung tersumbat sekaligus tenggorokan Anda.

Anda juga bisa mencoba membuat wedang jahe. Jahe yang mengandung senyawa antiperadangan bisa mengendurkan membran di saluran udara untuk mengurangi intensitas batuk. Namun, jangan terlalu banyak, ya. Minuman ini juga bisa membuat Anda sakit perut dan mulas jika diminum terlalu banyak.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati jus nanas segar. Buah nanas mengandung senyawa bromelain yang berifat antiradang dan mukolitik, yaitu membantu tubuh memecah dan mengalirkan lendir yang menghambat tenggorokan.

3. Mandi atau berendam air hangat

Mandi air hangat sama khasiatnya dengan minum minuman hangat. Uap yang dihasilkan dari air hangat dan Anda hirup, bisa membantu melonggarkan sekresi di hidung sehingga batuk jadi lebih ringan.

“Mandi air hangat bisa membantu meredakan batuk bukan hanya karena pilek, tapi juga alergi,” kata Giselle Mosnaim, ahli alergi dan imunologi di Rush Center, seperti dikutip dari WebMD. Ingat, jangan mandi atau berendam terlalu lama karena bisa membuat kulit jadi kering.

4. Jaga kelembapan dan kebersihan udara

Jika Anda memiliki batuk yang cukup mengganggu, menjaga kelembapan dan kebersihan udara itu penting. Udara yag kering bisa bisa memicu gejala alergi terjadi, salah satunya batuk. Anda bisa menjaga udara tetap lembap dengan humidifier.

Selain udara yang kering, semprotan parfum dan asap rokok juga bisa memicu lendir diproduksi lebih banyak dan menyebabkan batuk jadi lebih parah. Sebaiknya Anda menghindari kedua hal tersebut jika Anda merasa batuk jadi lebih parah setelah terpapar.

5. Minum obat pereda batuk

Jika tips sebelumnya tidak cukup ampuh untuk meredakan batuk, Anda bisa mencoba obat pereda batuk. Anda bisa mendapatkan obat batuk dengan mudah di apotek. Namun, ingat pastikan dulu jenis batuk yang Anda derita: batuk kering atau batuk berdahak? Ini membantu Anda untuk memilih obat batuk yang tepat.

Beberapa jenis obat pereda batuk yang sebaiknya Anda pilih, meliputi:

1. Dextromethrophan. Obat ini bekerja untuk menekan batuk dan mengurangi perasaan ingin batuk. Jika Anda merasakan batuk tanpa dahak dan sering kali bertambah parah di malam hari, sebaiknya Anda memilih obat ini. Obat ini mengurangi batuk sehingga dada dan tenggorokan Anda terbebas dari rasa sakit.
2. Dekongestan. Obat ini membantu mengeringkan lendir di paru-paru sehingga membuka jalur pernapasan jadi kembali lancar. Biasanya diminum untuk meredakan batuk disertai hidung tersumbat.
3. Guaifenesin. Obat ini digunakan jika Anda memiliki batuk berdahak, namun sangat sulit untuk dikeluarkan. Dengan guaifenesin, lendir yang mengental akan dicairkan dan lebih mudah untuk dikeluarkan.

Selain pilihan obat, penting untuk membaca dengan teliti aturan pakai pada kemasan obat. Ini menghindari Anda dari kesalahan takaran dosis dan waktu minum. Selalu konsultasikan dokter lebih dulu, jika Anda memiliki riwayat penyakit lain sebelum menggunakan obat pereda batuk.