Minggu, 10 Februari 2019

Pestisida bebas bahan kimia bikinan rumah untuk basmi hama tanaman

Pestisida bebas bahan kimia bikinan rumah untuk basmi hama tanaman

Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Memelihara tabulampot (tanaman buah dalam pot) atau menanam sayuran sendiri memang lebih bermanfaat, terutama jika kita ingin memastikan segala sesuatu yang dikonsumsi aman dan bebas bahan kimia. Namun memelihara tanaman organik juga tidak semudah yang terlihat. Masalah yang paling sering dihadapi adalah hama yang kerap merusak tanaman.

Solusi paling mudah adalah dengan menyemprotkan pestisida. Tetapi kalau begini caranya tanaman buah dan sayur mayur jadi bersentuhan dengan bahan kimia berbahaya. Ada baiknya beralih ke pestisida natural yang jauh lebih aman. Bisa dibuat dengan bahan-bahan yang ada di rumah, kok. Berikut ini beberapa resep dari Tipnut yang bisa dicoba.

Cabai, bawang merah, dan bawang putih

Blender 2 buah cabai merah besar, 1 buah bawang bombay, dan 1 bonggol bawang putih (terdiri dari 5-8 siung) dengan 50 ml air. Tambahkan air panas (tidak mendidih) dalam jumlah besar, kemudian diamkan selama 24 jam. Semprotkan pada daun tanaman.

Air garam

Air garam efektif untuk membunuh dan mengusir ulat serta serangga lain yang kerap memangsa daun tanaman. Larutkan 2 sendok makan garam dengan air hangat dalam jumlah besar. Biarkan dingin, kemudian gunakan untuk menyemprot tanaman.

Minyak sayur dan sabun cuci piring

Larutkan 1 sendok makan minyak sayur, 1 sendok makan sabun cuci piring, dan 100 ml air. Kocok sampai menyatu dan pestisida alami sudah siap digunakan.

Air jeruk

Panaskan 1000 ml air di atas kompor. Begitu mulai mendidih masukkan 300 gram kulit jeruk atau lemon. Segera angkat dan dinginkan. Pestisida yang satu ini efektif untuk menyingkirkan cabuk (hama berwarna putih yang biasa mengerubungi daun dan batang).

Itulah beberapa pestisida bebas bahan kimia yang bisa digunakan untuk membasmi hama tanaman.