Jumat, 23 Oktober 2020

Fa'lam Artinya Mengerti, Mengerti Itu Ilmu

Khutbah I
    اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِه وَبِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ، وَبِفَضْلِهِ تَتَنَزَّلُ الْخَيْرَاتُ وَالْبَرَكَاتُ، وَبِتَوْفِيْقِهِ تَتَحَقَّقُ الْمَقَاصِدُ وَالْغَايَاتُ. 
أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّاا للهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنْ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لَانَبِيَّ بَعْدَهُ. 
اللهم صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ ، 
أَمَّا بَعْدُ، أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ .................. 
أَلَمْ تَرَ كَيْفَ ضَرَبَ اللَّهُ مَثَلا كَلِمَةً طَيِّبَةً كَشَجَرَةٍ طَيِّبَةٍ أَصْلُهَا ثَابِتٌ وَفَرْعُهَا فِي السَّمَاءِ (24) تُؤْتِي أُكُلَهَا كُلَّ حِينٍ بِإِذْنِ رَبِّهَا وَيَضْرِبُ اللَّهُ الأمْثَالَ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ (25) 


Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah, 
Mengawali khutbah yang singkat ini, khatib berwasiat diri khatib pribadi dan kepada jamaah jumat yg dirahmati Allah, terutama agar senantiasa berusaha meningkatkan ketakwaan dan keimanan kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala dengan menjalankan semua kewajiban dan menjauhkan diri dari segala yang dilarang dan diharamkan Allah SWT.   
Hadirin yang dirahmati oleh Allah
Fa’lam Annahu laa ilaaha illa-Allah,” 
artinya mengerti, mengerti itu ilmu bukan banyaknya bacaan tahlil
Surga dan neraka dibuat untuk menjaga kalimah la ilaha illallah, kenapa tuhan membuat bumi? Sebab Yg melafadzkan kalimah la ilaha illallah itu manusia, manusia butuh makan butuh tanaman, butuh macam macam maka dibuat bumi, dengan la ilaha illallah juga dibuat langit, nanti biar tuhan punya alasan bagi manusia untuk berfikir ... 
a wa lam nu'ammirkum mā yatażakkaru fīhi man tażakkara
أَوَلَمْ نُعَمِّرْكُم مَّا يَتَذَكَّرُ فِيهِ مَن تَذَكَّرَ
Dan apakah Kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berfikir bagi orang yang mau berfikir? (quran-surat-fatir-ayat-37) 
Yg berfikir benar dakholal jannah yg berfikir salah neraka
Dan karena tasbih kalimah la ilaha illallah, rizqi mahkluqbya diberikan, "wa biha yurzakul-kholku",
kalimat tahlil adalah kalimatul haq, alaiha nahya, wa alaih namut, wa nubatsu fa insya Allahu minal aamininin, 
semua manusia baik muslim maupun kafir tetap diberi rizqi, biar manusia punya waktu berfikir memilih jalan yg benar atau salah,  yg berfikir benar kalimah la ilaha illallah maka diberi surga dan yang salah maka neraka tempatnya. 

Dalam khutbah pembuka tadi Allah swt berfirman dalam qs ibrahim 24

أَلَمْ تَرَ كَيْفَ ضَرَبَ اللَّهُ مَثَلا كَلِمَةً طَيِّبَةً كَشَجَرَةٍ طَيِّبَةٍ أَصْلُهَا ثَابِتٌ وَفَرْعُهَا فِي السَّمَاءِ (24) تُؤْتِي أُكُلَهَا كُلَّ حِينٍ بِإِذْنِ رَبِّهَا وَيَضْرِبُ اللَّهُ الأمْثَالَ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ (25) 

Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit, pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Tuhannya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat.

Ali ibnu Abu Talhah telah meriwayatkan dari Ibnu Abbas sehubungan dengan makna firman-Nya: perumpamaan kalimat yang baik. (Ibrahim: 24) Yakni syahadat atau persaksian yang bunyinya  la ilaha illallah 'tidak ada Tuhan selain Allah'. seperti pohon yang baik. (Ibrahim: 24) Yang dimaksud ialah orang mukmin. akarnya teguh. (Ibrahim: 24) Yaitu kalimat, 'Tidak ada Tuhan selain Allah' tertanam dalam di hati orang mukmin. dan cabangnya (menjulang) ke langit. (Ibrahim: 24) Maksudnya, berkat kalimat tersebut amal orang mukmin dinaikkan ke langit.

2.  Ad-Dahhak, Sa'id ibnu Jubair, Ikrimah, Mujahid, dan lain-lainnya yang bukan hanya seorang, bahwa sesungguhnya hal ini merupakan perumpamaan tentang amal perbuatan orang mukmin, ucapannya yang baik, dan amalnya yang saleh. Dan sesungguhnya orang mukmin itu seperti pohon kurma, amal salehnya terus-menerus dinaikkan (ke langit) baginya di setiap waktu, pagi dan petang.

3. As-Saddi, dari Murrah, dari Ibnu Mas'ud yang mengatakan bahwa pohon yang dimaksud adalah pohon kurma. 
menurut riwayat Syu'bah, dari Mu'awiyah ibnu Qurrah, dari Anas, bahwa pohon itu adalah pohon kurma.
Hammad ibnu Salamah telah meriwayatkan dari Syu'aib ibnul Habhab, dari Anas, bahwa Rasulullah Saw. mendapat kiriman sekantong buah kurma. Maka beliau Saw. membaca firman-Nya: perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik. (Ibrahim: 24) Yakni pohon kurma.

Tafsir serupa QS: Ibrahim Ayat 24.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram) Tidakkah kamu tahu wahai rasul, bagaimana Allah membuat perumpamaan kaliamat tauhid (lailahaillalah) dengan satu pohon yang besar, yaitu pohon kurma, yang akarnya kuat menancap di dalam tanah, sedang bagian atasnya menjulang tinggi ke arah langit? 

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia 24. Hai Rasulullah, Tidakkah kamu mengetahui bagaimana Allah membuat perumpamaan kalimat tauhid ‘laa ilaaha illaa Allah’ dengan sebuah pohon yang mulia, yaitu pohon kurma, akarnya kokoh menembus tanah dan batangnya menjulang tinggi ke langit? 

Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah 24. kalimat tauhid “Laa ilaaha illaa Allah”, atau kalimat yang menyuruh kepada perbuatan ma’ruf dan melarang kemungkaran. Yakni Allah mengumpamakan kalimat yang baik dengan pohon yang baik. 

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah yg dimaksud qs ibrahim:24. Allah berfirman, “Tidaklah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik”, yaitu persaksian tidak ada sesembahan (yang berhak disembah) kecuali Allah, dan cabang-cabangnya adalah “seperti pohon yang baik”, yaitu pohon kurma “akarnya teguh” ke dalam tanah “dan cabangnya”, menjulang “ke langit”, selalu banyak manfaatnya. 

Dengan kalimah la ilaha illallah,
langit, dan bumi diciptakan, rizqi makhluknya ditetapkan, bagi yg berfikir benar kalimah la ilaha illallah maka diberi surga dan yang salah maka neraka tempatnya. 

Makanya surga diciptakan tdk setara dengan amal manusia walaupun seumur hidupnya selama 70 tahun seluruh hidupnya hanya untuk ibadah salat, dzikir dan sodaqah. Karena surga diciptakan kholidina fiha abada kekal abadi selamanya. Amal manusia sekalipun sejak lahir sampai mati selama 70 tahun sangat tdk setara diukar dengan surga yg  begitu mewahnya dan kekal abadi tanpa batas waktu, seperti orang ingin beli mobil alphard dibeli hanya dengan uang 100 juta. (sangat tidak sebanding
Pada umumnya ibadah sering diiringi keinginan manusia yg disebut haddun nafsi, ingin kaya, ingin sukses, ingin surga, ingin bersama bidadari, misal karena istrinya tidak cantik saat di dunia ingin bertemu bidadari di surga, atau  karena hidup miskin saat di dunia sehingga ingin dapat balasan surga, atau sangat kaya ingin bersama 70 bidadari di surga dengan makanan yg sangat mewah yg tdk pernah ada di dunia. Semua keinginan manusia dalam ibadah tersebut masih tergolong keinginan haddu nafsi
Mengakui kalimat tauhid dengan benar, fa'lam annahu la ilaha illallah, kalimat tahlil adalah kalimatul haq, alaiha nahya, alaiha namut, wa nabatsu, fainsya Allahu minal aaminin. 
Mengakui kebenaran mutlak Allah kalimat tahlil pasti akan mendapatkan surga yg dijanjikan. Sebaliknya orang yg mengandalkan amal selama 70 th untuk beribadah maka orang tsb akan kaget jika Allah akan memberi surga cuma 70 tahun. Karena fa'lam annahu la ilaha illallah, tdk dipahami dengan ilmu tauhid yg benar tapi masih ada keinginan manusia "haddun nafsi"

Surga dan neraka adalah otoritas Allah bagi yg menerima kalimat tahlil dan atau menolaknya, sekalipun 70th dalam kekafiran setelah menerima kalimat tahlil maka otoritas ini wilayah Allah, Dalam sebuah hadits sahih seorang yg telah membunuh genap 100 orang karena berniat sangat kuat mencari negeri ampunan, mencari kalimatul haq, mangakui kalimat tauhid, la ilaaha illaallah, ternyata Allah menerima taubatnya. Dalam sejarah Nabi saw juga pernah berdoa agar Wahsy pembunuh Hamzah paman nabi supaya diberi dilaknat didunia dan akhirat, ternyata taubatnya diterima Allah setelah mengucap kalimat "kalimat tahlil la ilaaha illaallah, dan bersaksi bahwa muhammad rasulullah" Nabipun tetap menerima taqdir Allah ternyata wahsy masuk islam dan taubatnya diterima. Otoritas surga dan neraka wilayah Allah

 بارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنْ آيَةِ وَذِكْرِ الْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم   

Khutbah II
   اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ 
وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا   
أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوا اللهَ 
وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَىيَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ 
 
اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ 
اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ.
رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْ
 عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ