Kamis, 14 September 2023

kenali weton jawa


waktu baca 3 menit

Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan

Pernikahan Adat Jawa, Foto: Dok. Pinterest/bridestory

ADVERTISEMENT

Weton merupakan istilah yang lekat dengan budaya Jawa. Weton ini merujuk pada hari kelahiran seseorang, karena kata weton sendiri diambil dari bahasa Jawa wetu yang memiliki arti keluar atau lahir.

ADVERTISEMENT

Melansir dari beberapa sumber, weton adalah gabungan antara hari dan pasaran saat bayi dilahirkan. Hari pasaran pada budaya jawa terdiri dari lima hari, yakni kliwon, legi, pahing, pon, dan wage.

Perhitungan weton jawa ini memiliki banyak kegunaan lho, mulai dari menentukan keputusan terbaik, masa panen, nasib dan masih banyak lagi. Bahkan tak jarang orang menggunakan weton jawa untuk mengukur kecocokan jodoh sebelum pernikahan dilangsungkan.

Cara Menghitung Weton Jawa untuk Kecocokan Jodoh

Cara menghitung weton jawa ternyata cukup mudah. Kamu hanya perlu menggunakan neptu hari dan hari pasaran jawa. Untuk membantumu mempermudah menghitungnya, berikut adalah tabel nilai neptu dan hari pasaran jawa.

Weton Jawa, Foto: Dok. Kumparan

Untuk mengetahui kecocokan jodoh, maka masing-masing weton calon mempelai harus dijumlahkan. Misalnya si wanita lahir pada Kamis Kliwon, maka nilai weton si wanita adalah 8 + 8 = 16. Sementara si laki-laki lahir pada Minggu Pon, maka nilai wetonnya adalah 5 + 7 = 12. Jika kedua weton calon mempelai dijumlahkan, berarti 16 + 12 = 28.

Setelah mengetahui jumlah weton kedua calon mempelai, maka coba cocokan dengan hasil hitungan berikut.

1. Pegat (1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, 36)

Konon, pegat adalah masalah yang akan dialami oleh kedua mempelai. Pasangan dengan karakter ini akan cenderung mengalami berbagai masalah ruma tangga, mulai dari ekonomi hingga masalah perselingkuhan yang menyebabkan kedua pasangan tersebut pegatan.

2. Ratu ( 2, 11, 20, 29)

Pasangan dengan karakter weton ratu bisa disebut memang kedua mempelai sudah jodohnya. Banyak pasangan yang iri dengan karakter weton pasangan ini. Pasalnya hubungan yang akan dilewati pasangan ini dipercaya sangat harmonis dan dihargai oleh lingkungan sekitar.

3. Jodoh ( 3, 12, 21, 20)

Pasangan dengan karakter weton ini dipercaya cocok dan harmonis karena bisa saling menerima kekurangan satu sama lain. Rumah tangga kedua mempelai ini akan harmonis hingga usia renta.
4. Topo ( 4, 13, 22, 31)

Pasangan dengan karakter weton topo dipercaya akan mengalami sedikit kesulitan di awal pernikahan, namun sikap keduanya yang saling memahami maka akan berujung bahagia hingga akhir. Pada saat memiliki buah hati dan cukup lama menjalin bahtera rumah tangga, pasangan ini akan hidup dengan sukses dan bahagia.

5. Tinari ( 5, 14, 23, 32)

Pasangan dengan weton ini dilambangkan dengan kebahagiaan dan keberuntungan. Mereka yang memiliki weton tinari akan diberikan kemudahan dalam mengais rezeki dan selalu mendapat keberuntungan.

6. Padu ( 6, 15, 24, 33)

Psangan dengan karakter weton ini akan sering mengalami padu atau pertengkaran. Namun meskipun sering mengalami pertengkaran, kedua pasangan ini tidak sampai bercerai. Pertengkaran yang terjadi juga dipicu dari hal-hal remeh dan sepele.
7. Sujanan ( 7, 16, 25, 34)

Saat berumah tangga, pasangan dengan weton ini akan mengalami pertengkaran karena permasalahan perselingkuhan. Perselingkuhan yang terjadi bisa saja dilakukan oleh pihak manapun, baik perempuan maupun laki-laki.

8. Pesthi ( 8, 17, 26, 35)

Kehidupan rumah tangga pasangan yang memiliki karakter weton pesthi dipercaya akan rukun, tenteram, dan damai. Masalah yang menerpa tidak akan mengganggu atau bahkan merusak hubungan keharmonisan dalam keluarga.

Nah, demikianlah ulasan mengenai weton jawa dan cara menghitungnya. Bagi kamu yang sudah mencoba menghitung namun nilai weton pasangannya kurang baik, jangan berkecil hati ya? Karena berhasil tidaknya kamu menjalin kehidupan berumah tangga sangat bergantung pada bagaimana cara kamu menghadapi masalah bersama. Semoga bermanfaat! (RYFA)
https://ki-demang.com/almanak/?do=konversi&tg=23&bl=6&th=2017