Senin, 03 September 2018

Manfaat dan Bahaya EM4 Pada Pertanian

Manfaat dan Bahaya EM4 Pada Pertanian

Mungkin banyak dari kita yang kurang mengerti dan memahami mengenai manfaat dan bahaya EM4 pada pertanian. EM4 Pertanian merupakan sebuah bakteri fermentasi bahan organik tanah untuk menyuburkan tanaman dan menyehatkan tanah. EM4 terbuat dari hasil seleksi alami mikroorganisme fermentasi dan sintetik di dalam tanah yang dikemas dalam medium cair. 

EM4 Pertanian dalam kemasan berada dalam kondisi istirahat atau dorman. Pada saat di inokulasikan dengan cara menyemprotkannya kedalam bahan organik dan tanah atau pada batang tanaman, EM4 Pertanian akan aktif dan memfermentasi bahan organik seperti pupuk hijau, sisa-sisa tanaman, pupuk kandang dan lain-lainnya yang terdapat dalam tanah. 

Hasil dari fermentasi bahan organik tersebut ialah berupa senyawa organik yang mudah diserap langsung oleh perakaran tanaman misalnya alcohol, gula, protein, asam amino, vitamin, karbohidrat dan senyawa organik lainnya. 

EM4 pertanian selain mendekomposisi bahan organik di dalam tanah, EM4 Pertanian juga bisa merangsang perkembangan mikroorganisme lainnya yang menguntungkan bagi pertumbuhan tanaman, misalnya bakteri pelarut fosfat, bakteri pengikat nitrogen dan mikoriza. 

Mikoriza dapat membantu tumbuhan menyerap fosfat di sekelilingnya. Ion fosfat dalam tanah yang sulit untuk bergerak menyebabkan tanah kekurangan ion fosfat. Penggunaan EM4 Pertanian hife mikoriza bisa meluas dari misellium dan memindahkan ion fosfat secara langsung kepada inang dan mikroorganisme yang bersifat antagonis terhadap tanaman. 

Pada tulisan kali ini kami akan sedikit membahas mengenai apa saja manfaat dan bahaya em4 pada pertanian. Langsung saja Sahabat Inspirasi Berkebun baca pembahasannya dibawah ini.

Bahaya Pengunaan EM4 

EM4 ialah salah saru komposter murni, hanya bisa digunakan sebagai komposer pada waktu merubah residu organik menjadi kompos, dalam proses komposisasi tersebut tentunya diperlukan oksigen

(O2) sebagai bahan tambahannya. 

Maka pada saat menggunakan EM4 jangan dekat tumbuhan yang sedang di budidaya karena proses komposisasi ini akan menimbulkan panas yang dapat mencapai 60 derajat celcius yang bisa mematikan dan membuat stres tumbuhan milik Sahabat Inspirasi Berkebun. 

Maka sebaiknya apabila proses kompos tersebut dilakukan diluar lahan aktif supaya tidak mengganggu tanaman inti, baru setelah menjadi pupuk kompos dipindahkan ke lahan yang aktif dan menggunakan EM4 untuk mengkocor tanaman secara langsung karena sangat tidak efektif.

Manfaat Penggunaan EM4 Pertanian

EM4 pertanian memiliki manfaat yang bisa memperbaiki sifat-sifat fisik tanah, biologi tanah dan kimia tanah. EM4 juga dapat menyediakan unsur hara yang dibutuhkan tanaman serta meningkatkan keragaman mikroba yang menguntungkan di dalam tanah. 

Manfaat lain dari EM4 pertanian juga bisa menjaga kestabilan produksi dan meningkatkan produksi tanaman serta memfermentasi dan mendekomposisi bahan organik tanah dengan cepat (bokashi).

EM4 Pertanian

Saran Penggunaan EM4 

larutan EM4 Jangan dicampur dengan bahan-bahan kimia seperti pupuk urea maupun pestisida kimia lainnya.

Sprayer yang digunakan untuk penyiraman atau penyemprotan harus bebas dari kimia dan pestisida 

Selang waktu atau jeda waktu penyiraman atau penyemprotan larutan EM4 dengan penggunaan pestisida atau pupuk kimia sebaiknya satu minggu.

Demikian tulisan kami mengenai apa saja manfaat dan bahaya em4 pada pertanian. Semoga tulisan kami dapat menambah ilmu Sahabat Inspirasi Berkebun. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.

Sumber: nusatani. com/ 2016/ 04/ manfaat- dan- bahaya- em4- pertanian. html

 

Ditulis oleh Inspirasi Berkebun pada tanggal Sabtu, 27 Mei 2017

4 Tanggapan untuk " Manfaat dan Bahaya EM4 Pada Pertanian"

dedi sumandi26 September 2017 02.26

,.,KISAH NYATA ,
Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hampir bunuh diri, saya punya anak 2 masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana meninggalkan saya dan anak anak, ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya. Tapi setelah di bantu H.UMAR KHUSNAN hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi H.UMAR KHUSNAN. Untuk Konfirmasi Lebih Jelasnya: >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< .Semua petunjuk Beliau saya ikuti dan hanya Dalam waktu 2 hari, Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih PAK H.UMAR saya tidak akan melupakan jasa PAK H.UMAR. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH.(BUKAN PESUGIHAN ATAUPUN PENGGANDAAN UANG).

Balas

Jeline Taniska4 Maret 2018 11.33

mari coba keberuntungannya bersama kami hanya dengan
deposit minimal 10.000 bisa menangkan uang jutaan rupiah
ditunggu apalagi, segera bergabung bersama kami di F*A*N*S*P*O*K*E*R

Balas

Florencia Ang30 Mei 2018 09.50

Ayo pasang jagoanmu disini www(dot)updatebetting(dot)co
Info lebih lanjut 7ACD8560

Balas

Muhammad Erwin Septianto2 Juli 2018 02.32

Sangat membantu untuk kegiatan tugas :)

Balas

« Selanjutnya

Sebelumnya »

Beranda

 

Copyright © 2015 Inspirasi Berkebun - Powered by Blogger

Template by Google - Versi Seluler

Lihat Versi Desktop